Wednesday, April 04, 2007

Resep Cinta

Cinnamon Cherry, atau biasa dipanggil dengan Cherry tidak suka memasak. Padahal, Ayah dan Ibunya cukup terkenal dalam bidang masak memasak. Kedua orang tuanya juga memiliki kafe resto yang bernama Cinnamon, yang menjual berbagai jenis makanan, khususnya makanan Eropa. Yah, tapi tetap saja walaupun kedua orang tuanya jago masak, tidak mempengaruhi Cherry untuk belajar masak.

Suatu hari, Cherry mempunyai tetangga baru, Basil namanya. Basil sangat ganteng dan diam-diam Cherry suka padanya. Sebelumnya Basil tinggal di Singapura, tapi saat kedua orang tuanya membuka kafe baru di Bandung, Basil pun ikut pindah bersama kedua orang tuanya itu. Mereka pun berteman. Mereka sering berangkat ke sekolah bersama karena kebetulan Basil juga bersekolah di SMU yang sama dengan Cherry.

Dari pertemanannya dengan Basil, Cherry jadi tahu kalau Basil sangat suka sekali dengan perempuan yang bisa masak. Akhirnya demi rasa suka dan demi menarik perhatian Basil, Cherry mau juga belajar memasak. Padahal selama ini Cherry enggan untuk belajar masak karena menurutnya prosesnya ribet dan bikin bete. Ayah dan Ibu Cherry jadi terharu ketika Cherry mengatakan bahwa ia ingin belajar masak. Sedikit demi sedikit usaha Cherry mulai menunjukkan hasil yang semakin baik. Cherry jadi bisa memasak sendiri makanan yang ia berikan untuk Basil. Bahkan Cherry jadi mulai suka memasak.

Sayangnya, Cherry memiliki saingan dalam merebut hati Basil. Maya Renggo-anak dari pemiliki Bakpau dan Siomay Meilian yang cukup terkenal, yang juga pemilik Resto Chinese Food Summer Palace, cukup dekat dan menyukai Basil. Maya pun menantang Cherry dalam adu masak. Pemenang dalam adu masak ini nantinya akan menjadi pacar Basil.

Tadinya Cherry akan memasak pai sebagai hidangan penutup, karena Basil bilang kalau Cherry memasak pai pada adu masak itu, maka Cherry akan menjadi pemenangnya. Pai buatan Ayah dan Ibu Cherry memang cukup terkenal, tapi resep pai itu sendiri sebenarnya sangat rahasia, karena banyak orang yang ingin mendapatkan resep itu.

Pada saat adu masak berlangsung, Cherry memutuskan untuk tidak membuat pai. Cherry ingin membuat masakan sesuai dengan kreasi dan benar-benar hasil ciptaannya sendiri. Ternyata Maya, saingan Cherry juga jago memasak. Dan akhirnya Cherry pun kalah.

Tapi herannya, Cherry merasa beruntung kalah dari adu masak itu. Karena banyak hal yang Cherry dapatkan dan sadari. Cherry jadi sadar kalau ia sebenarnya tidak terlalu cinta Basil, walaupun ia sedih juga dan sisi positifnya Cherry jadi senang memasak. Ia jadi semakin sering bereksperimen memasak dengan Eva, sahabatnya. Dan lagi, ternyata Basil tidak sebaik yang Cherry kira, karena belakangan baru ketahuan kalau Basil mencuri resep rahasia keluarga Meilian.

Resep cinta adalah buku bergenre teenlit yang cukup menarik untuk disimak. Ada unsur cinta, persahabatan, dan keluarga di dalamnya. Mungkin di awal cerita masih terasa biasa tapi mulai dari tengah sampai bagian belakang, ceritanya jadi semakin menarik. Selain ceritanya, nilai lebih dari buku ini adalah resep-resep makanan yang ada dalam cerita (yang sebenarnya adalah resep dari penulis) ikut disertakan. Jadi pembaca bisa mencoba sendiri untuk membuat makanan yang memang waktu membacanya saja sudah membuat ngiler. Sebenarnya akan lebih bagus lagi kalau disertakan foto hasil resep masakan yang ditulis. Tapi tidak ada gambarnya pun bisa tetap membuat kita ingin mencoba memasak. Hmm, yummy!

Barangkali dengan membaca buku ini, kita sebagai pembaca bisa mulai tertarik belajar masak. Yah tidak ada salahnya untuk mencoba. Baca bukunya yuk...

2 comments:

Primadonna Angela said...

makasih udah direview ya. :) nanti aku link, boleh kan? ^_^ makasih!

chelly said...

Boleh banget mbak...:)